APA ITU SEGMENTASI PASAR?
Segmentasi Pasar: Pengertian, Jenis, Tujuan, dan Manfaat
Apa itu segmentasi pasar? jika kalian mau membangun sebuah bisnis, mau itu bisnis online ataupun bisnis secara face to face, segmentasi pasar tetap diperlukan.
Segmentasi pasar adalah strategi pemetaan pasar mulai dari karakteristik. kebutuhan, ataupun perilaku konsumen, simple-nya segmentasi pasar adalah target dalam penjualan kalian atau sebuah riset untuk bisnis kalian.
Lalu ada apa aja sih di segmentasi pasar yang meliputi riset-risetnya?
1. Perilaku
Segmentasi perilaku merupakan pengelompakan konsumen berdasarkan perilaku yang biasanya mengacu kepada pengambilan keputusan (decision making) konsumen ( sikap, pengetahuan, dan respon)
2. Demografis
Segmentasi demografis merupakan pengelompokan konsumen berdasarkan usia, jenis kelamin, pekerjaan, pendidikan, status menikah, dll.
3. Psikografis
Segmentasi psikografis merupakan pengelompakan konsumen berdasarkan aspek psikologis pelanggan. Kalian bisa memanfaatkan kuisioner kepada para konsumen untuk bisa memahami psikologis mereka seperti gaya hidup, hobi, ketertarikan, dan semacamnya.
4. Geografis
Segmentasi geografis merupakan pengelompokan konsumen berdasarkan lokasi tempat tinggalnya. Segmentasi yang satu ini merupakan aspek yang tidak kalah penting dari segmentasi yang lainnya karena jasa/barang akan berbeda dari lokasi, keadaan dari tiap konsumen.
Lalu, apa tujuan dari segmentasi pasar sendiri?
Dengan kalian menguasai dan mengerti segmentasi pasar kalian dapat mengenali kompetitor bisnis, meningkatkan pelayan menjadi lebih baik, bahan evaluasi dan perencanaan bisnis serta meningkatkan efektivitas strategi pemasaran.
Serta ada juga manfaat dari segmentasi pasar sendiri yaitu,
- Membantu memenuhi kebutuhan konsumen
- Meningkatkan daya tarik konsumen
- Mempermudah perusahaan mengatur produk maupun jasa yang ditawarkan
- Membuka peluang lebih besar terhadap pertumbuhan bisnis
- Meningkatkan daya saing bersama kompetitor
Comments
Post a Comment