MARKETING VS ADVERTISING: APA BEDANYA? - PART I
Apa Perbedaan Marketing dan Advertising?
Apa itu Advertising?
Advertising dari yang kita ketahui adalah periklanan. Iklan sendiri adalah pesan secara tertulis ataupun visual untuk mempromosikan produk.
source: Gramedia.com
Tujuan utamanya adalah untuk mengajak audiens untuk membeli produk atau layanan. Selain itu kalian dapat memanfaatkan advertising seperti:
- Meningkatkan brand awareness
- Salah satu cara memperkuat brand identity
- Memasarkan produk sesuai buyer persona yang tepat
- Memaksimalkan penjualan produk yang sudah ada dan mengenalkan produk baru
- Sebagai pembeda dari brand kompetitor
Jenis-Jenis Online Advertising
- Direct Advertising
Direct advertising berarti si pemasang iklan menghubungi langsung pemilik media untuk memasang iklan. Biasanya ditandai dengan tombol khusus advertising di website.
Kelebihannya, proses direct advertising terbilang cukup cepat dan dapat mengontak langsung pemilik blog atau website.
Kekurangannya, direct advertising memerlukan effort lebih untuk manajemen advertising jenis ini. Mulai dari proses menghubungi pemilik blog, negosiasi, hingga memantau beberapa berhasilnua iklan dan harus dilakukan secara manual.
- Self Service Advertising
Seperti namanya, iklan jenis ini adalah iklan yang kalian bangun sendiri. Caranya hanya perlu memasang iklan di website kalian sendiri.
Kelebihan dari ads jenis ini adalah:
- Lebih murah, karena ridak perlu membayar pihak lain
- Bebas mengatur seberapa besar iklan yang ingin dipasang
- Dapat memasang iklan di halaman apa saja website
- Fleksibel, dapat diubah kapanpun
Sedangkan kekurangannya adalah kalian perlu telaten dalam setiap prosesnya. Misalnya mendesain iklan dan menentukan copywriting.
- Display Advertising
Display ads adalah iklan yang terpampang disebuah halaman website.
Kelebihan nya adalah iklan ini dapat dilihat langsung oleh konsumen ketika membuka suatu halaman website, sehingga semakin meningkatkan brand awareness.
Selain itu display ads dapat menjangkau banyak orang sekaligus. Kinerjanya pun terbilang efektif dengan penggunaan metode pelacakan cookie, sehingga iklan lebih tepat sasaran.
Kekurangan yang harus kalian perhatikan adalah tampilan dan ukuran iklan dapat mengganggu pengalaman pengunjung. Hal ini dapat berakibat iklan kalian bisa saja diabaikan bahkan diblokir olhe pengungjung situs.
- Social Media Advertising
Merupakan iklan yang berfokus meningkatkan konversi atau sales di media sosial.
Keunggulannya adalah iklan kalian berkesempatan dilihat banyak orang sekaligus. Hal ini karena tingginya pengguna media sosial di Indonesia yang berjumlah sekitar 170 jt.
- Paid Search Advertising
Adalah iklan yang ditampilkan dalam mesin pencari.Tujuannya ketika konsumen mencari suatu produk, maka yang muncul di halaman pencarian adalah website kalian. Karena itu paid search sangat berhubungan dengan kata kunci atau keyword produk.
Kelebihannya, bentuk marketing seperti pay per click dgunakan dan terbukti keberhasilannya:
- Kemungkinan muncul di halaman pertama Google dapat meningkatkan kepercayaan konsumen
- konversi yang dihasilkan lebih terukur, dari jumlah klik, impresi, hingga berakhir ke pembelian.
- Terdapat dashboard khusus untuk memasang, mengelola, dan mendapatkan laporan advertising.
Kekurangnnnya akan tampak hanya terdapat keterangan 'iklan' di samping URL. Bisa saja ada konsumen yang lebih tertarik dengan konten organik dibandingkan iklan.
Selain yang diatas masih banyak lagi jenis iklan lainnya. Next part II untuk penjelasan Marketing!
Comments
Post a Comment