RETAIL BUSINESS
Bisnis Ritel
Beralih dari marketing mix kita sekarang akan belajar tentang bisnsi ritel. Apa sih bisnis ritel itu?
Bisnis ritel adalah bisnis yang melibatkan penjualan barang atau jasa kepada konsumen dalam jumlah satuan atau eceran. Biasanya konsumen yang membeli produk/jasa secara eceran bertujuan untuk mengonsumsi atau menggunakannya secara pribadi dan tidak menjualnya kembali.
Berbeda dengan bisnsi grosir, jika bisnis ritel tidak menjual kembali produk tang telah dibeli, sementara konsumen bisnis grosir menjual kemnali produk yang telah dibelinya.
source: freepik
Fungsi Bisnis Ritel
- Ujung Tombak Pemasaran Produk
Fungsi bisnis ritel yang utama adalah menjadi bagian terakhir dari rantai pasokan barang dari produsen kek konsumen. Tanpa adanya bisnis ritel, produsen harus memikirkan bagaimana menghasilkan produk yang bisa bersaing dengan produk lain.
- Memudahkan Konsumen Mendapatkan Produk
Bisinis ritel juga berfungsi sebagai perantara untuk memudahkan konusmen dalam membeli barang.
- Membantu Promosi Produk
Fungsi lainnya dari bisnsi ritel ialah adalah untuk menawarkan produk kepada konsumen secara maksimal. Itulah sebabnya pada bisnis ritel jenis apapun, selalu memiliki tenaga penjualan atau sales marketing, pelayanan pelangganm, serta katalog produk.
- Mengobservasi Pasar
Karena bisnis ritel berhubungan langsung dengan konsumen, maka nilai ritel sekaligus menjadi ujung tombak untuk mengetahui perilaku konsumen dan trend pasar.
Jika kalian memiliki saran atau pertanyaan silahkan komen dibawah!
Comments
Post a Comment